Berikut Inilah Proses Pemingsanan Ayam Broiler di Rumah Potong Ayam

By. Agritio Amanusa - 17 May 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Ayam broiler sebagai sumber protein hewani bagi masyarakat yang disembelih di Rumah Potong Ayam (RPA) akan melewati perlakuan pemingsanan terlebih dahulu. Pemingsanan atau proses stunning merupakan proses yang dilakukan sebelum pemotongan ayam. Pemingsanan ayam dapat dilakukan dengan cara mencelupkan sebagian kepala ayam ke permukaan air yang dialiri oleh aliran listrik sebesar 50–55 volt selama 3-5 detik.

Baca Juga: Berikut Ini 6 Tahapan Pasca Pemotongan Daging Ayam di Rumah Potong Ayam

Arus listrik yang digunakan dalam proses stunning dikalibrasi dengan hati-hati secara berkala untuk memastikan bahwa ternak dibuat tidak sadar dengan cepat dan tanpa rasa sakit, dengan ketidaknyamanan yang minimal. Pemingsanan pada ayam sebelum proses penyembelihan memiliki tujuan meliputi:

1. Membuat ternak menjadi tidak sadar agar rasa sakit saat penyembelihan dapat berkurang

Baca Juga: Berikut Ini 7 Tahapan Pemotongan Ayam di Rumah Potong Ayam

2. Memudahkan proses penyembelihan ayam, sehingga proses penyembelihan ayam dapat berlangsung secara cepat dan efektif

3. Mencegah kepakan sayap sesaat setelah penyembelihan yang berdampak pada munculnya blood spot atau bintik darah pada karkas

Baca Juga: Berikut Ini Mesin Parting Daging Ayam Di Rumah Potong Ayam

4. Mempercepat proses keluarnya darah setelah penyembelihan.

Metode pemingsanan lain yang umumnya digunakan di beberapa rumah potong unggas yaitu pemingsanan dengan gas, di mana unggas terpapar karbon dioksida atau gas lain untuk menyebabkan ketidaksadaran serta pemingsanan mekanis, dimana pukulan di kepala diberikan kepada unggas untuk membuatnya pingsan.

Hal yang harus diperhatikan dalam proses pemingsanan yaitu waktu pulih ayam yaitu sekitar 45 detik setelah pemingsanan. Ketika ayam tidak disembelih setelah melewati waktu 45 detik memungkinkan ayam akan membali sadar dan berdiri.

Proses pemingsanan harus dilakukan menggunakan voltase yang tepat. Voltase yang terlalu tinggi menimbulkan kerugian yaitu memungkinkan untuk membuat ayam mati sebelum dihasilkan sehingga status dagingnya menjadi tidak halal. Sedangkan, jika voltase alat pemingsan terlalu rendah maka ayam tidak akan pingsan sehingga proses penyembelihan akan menjadi lebih sulit.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp