Cara Membuat Udang Bakar Madu, Mudah dan Dijamin Enak

By. Nevanda - 05 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Udang bakar madu adalah hidangan di mana udang dimasak di atas panggangan, dan glasir atau olesan bumbu berbahan dasar madu yang digunakan untuk menambah cita rasa dan rasa manis pada udang. Udang biasanya direndam dalam campuran bumbu yang mengandung madu, bersama dengan bahan-bahan lain seperti kecap, bawang putih, jahe, dan air jeruk nipis. Bumbunya akan memberikan rasa manis dan menambah kelezatan pada udang sekaligus menjaganya tetap empuk dan berair. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi, salad, atau tumis sayuran.

 

Baca juga: 5 Jenis Tuna Konsumsi yang Umum Dinikmati


Berikut ini resep udang bakar madu:

 

Bahan-bahan:

  • 450 gram udang, kupas dan bersihkan
  • 1/4 cup madu
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok teh jahe parut
  • 1/2 sendok teh bubuk cabai merah (opsional)
  • Garam dan lada hitam, secukupnya
  • Tusuk sate (jika menggunakan tusuk sate bambu, rendam dalam air selama 30 menit sebelum dipanggang)

 

Baca juga: Yuk Pelajari 6 Langkah untuk Menangkap Lobster

 

Petunjuk:

  1. Dalam mangkuk, campurkan madu, kecap asin, air perasan lemon, bawang putih cincang, jahe parut, bubuk cabai merah (jika menggunakan), garam, dan lada hitam. Aduk rata untuk membuat bumbunya.
  2. Letakkan udang yang sudah dikupas dan dibuang kotorannya di piring dangkal atau kantong plastik besar yang dapat ditutup kembali. Tuangkan bumbu rendaman ke atas udang dan aduk hingga merata. Rendam udang selama 15-30 menit, tergantung waktu yang kalian miliki. Jika menggunakan tusuk sate kayu, rendam juga dalam air selama waktu tersebut.
  3. Panaskan panggangan kalian dengan api sedang-besar. Jika menggunakan tusuk sate, masukkan udang yang sudah direndam ke tusuk sate.
  4. Setelah panggangan panas, beri sedikit minyak pada panggangan agar tidak lengket. Letakkan tusuk sate udang langsung di atas panggangan. Simpan bumbunya.
  5. Panggang udang selama 2-3 menit di setiap sisinya, atau hingga warnanya berubah menjadi merah muda. Olesi udang dengan bumbu yang tersisa selama pemanggangan untuk meningkatkan rasa dan menciptakan lapisan yang mengkilap.
  6. Angkat udang dari panggangan dan pindahkan ke piring saji. Tuang sisa bumbu di atas udang untuk menambah rasa.
  7. Sajikan udang bakar madu segera selagi masih panas.

 

Selamat menikmati udang bakar madu buatan sendiri!

 

Baca juga: Ketahui Peluang Membuat Biogas dari Limbah Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp