Begini Cara Yang Benar Untuk Menyimpan Seafood

By. Nevanda - 10 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Saat akan menyimpan seafood kita diharuskan untuk mengurusnya dengan hati-hati. Melalui cara penyimpanan seafood yang benar akan berdampak pada kesegaran dan rasa dari seafood itu sendiri. Penyimpanan yang benar juga akan menghindari seafood ditumbuhi bakteri dan cepat membusuk. Produk seafood harus dipersiapkan di bagian dapur yang bersih. Saat mempersiapkan penyimpanan seafood jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah memegang produk seafood tersebut. Apabila tersedia termometer maka kalian dapat mengukur suhu kulkas atau freezer untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan seafood, dimana suhu idealnya adalah 4 derajat Celcius atau lebih rendah. Apabila tidak ada termometer maka simpan seafood pada bagian terdingin kulkas kalian.


Jika seafood tidak disimpan secara benar, maka akan terjadi pembusukan secara cepat. Udara yang hangat akan mempercepat proses pembusukan tersebut, sehingga sangat penting untuk menyimpang seafood dengan balok es atau di tempat yang bersuhu dingin. Jika tidak ingin langsung mengolah seafood yang telah dibeli, sebaiknya langsung menyimpannya pada freezer.

 

Baca juga: 5 Jenis Nutrisi Yang Ada Dalam Kepiting


Produk seafood umumnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu ikan, kerang-kerangan, dan seafood beku. Masing-masing jenis produk memiliki cara penyimpanan tersendiri.


Ikan: Jenis seafood ini dapat disimpan di kulkas dan dapat bertahan selama satu hingga dua hari setelah dibeli. Apabila tidak ingin langsung memasaknya, kalian bisa menyimpannya dengan dibungkus plastic atau bahan yang tahan terhadap kelembapan.


Kerang-kerangan: Remis, kerang dan tiram yang dibeli segar atau masih hidup dapat diletakkan pada panic dangkal tanpa air. Kemudian tutup dengan handuk yang lembap dan masukkan kedalam kulkas. Remis dan kerang dapat diolah dalam kurun waktu 2-3 hari, sedangkan tiram dapat bertahan hingga 7-10 hari. Kepiting dan Lobster hidup harus langsung direbus setelah dibeli.


Seafood beku: Produk Seafood beku harus tetap dibekukan jika belum ingin diolah. Sangat disarankan untuk memberi label berupa tanggal agar dapat diterapkan metode FIFO (First In First Out). Apabila ingin menggunakan produk seafood beku, maka sebaiknya produk dipindahkan ke kulkas selama semalam agar mempermudah proses “thawing”.

 

Baca juga: Inilah 5 Masakan Yang Menggunakan Ikan Bandeng




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp